Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini, Polisi Umumkan Tersangka Bentrok Kelompok Kei-Herkules

Kompas.com - 30/08/2012, 14:18 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim gabungan Polres Metro Jakarta Barat dan Polda Metro Jaya hingga masih memeriksa seluruh anggota kelompok John Kei dan kelompok Herkules terkait bentrokan di Cengkareng, Jakarta Barat. Sore nanti, kepolisian akan mengumumkan tersangka dalam kasus ini.

"Pada pagi tadi kami sudah lakukan gelar perkara. Diharapkan nanti pukul 15.00 sudah bisa keluar hasilnya siapa yang jadi tersangka," terang Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Kamis (30/8/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Dia menjelaskan, Polres Metro Jakarta Barat sudah mengamankan 102 orang dari kelompok John Kei yang diduga terkait bentrokan pada Rabu (29/8/2012) kemarin. Sementara Subdit Resmob Polda Metro Jaya mengamankan delapan orang dari kelompok Herkules.

Penyidik, lanjut Rikwanto, sudah merampungkan pemeriksaan seluruh saksi. Namun, penyidik masih menimbang soal keterlibatan dan kesesuaian pasal yang dikenakan kepada para pelaku.

"Jadi nanti sore baru akan ketahuan ditahan berapa, yang jadi tersangka berapa dan saksi berapa," kata Rikwanto.

Diberitakan sebelumnya, bentrokan massa terjadi di sebuah lahan kosong di samping Komplek Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (29/8/2012) siang. Bentrokan diduga dipicu perebutan lahan antara dua kelompok massa yang belakangan diketahui kelompok John Kei dan kelompok Herkules.

Usai peristiwa itu, polisi mengamankan ratusan anggota kedua kelompok dan menyita belasan senjata tajam. Namun, saat polisi menggeledah, terdapat insiden sebuah mobil Toyota Innova yang berusaha menabrak anggota polisi.

Mobil itu akhirnya diberondong tembakan polisi karena tidak mengindahkan tembakan peringatan. Saat peristiwa itu, dua orang anggota kelompok Herkules yakni Lajuma dan Semi Binggo tertembak. Semi pun akhirnya tewas dengan luka tembak di kepala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com