Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat Pecahkan Rekor 30.000 Ketupat

Kompas.com - 30/08/2012, 15:20 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA,KOMPAS,com - Dalam rangka memeringati Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar acara Lebaran Ketupat di kantor Administrasi Wali Kota Jakarta Barat. Sebanyak 30.000 ketupat di sediakan kantor Wali Kota guna dicatatkan di Museum Rekor Republik Indonesia (Muri).

"Sebelumnya rekor ketupat ini dipegang oleh Kalimantan Timur dengan jumlah 15.000 ketupat. Saat ini Jakarta Barat memecahkan rekor tersebut dengan 30.000 ketupat," kata Burhanuddin, Wali Kota Jakarta Barat di Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Burhanuddin mengatakan, untuk tahun ini Lebaran Ketupat sudah dilakukan untuk yang ketiga kalinya. Pencampuran konsep budaya Betawi dan budaya lain yang kental di Jakarta menjadi konsep dilaksanakannya acara ini.

Burhanuddin mengungkapkan, acara ini juga diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi antara warga masyarakat di Jakarta Barat. Masyarakat dari kalangan ulama, warga, Pemerintah Kota Jakarta Barat turut meramaikan acara ini.

Tujuan digelarnya acara ini untuk menciptakan ketentraman di Jakarta Barat. Selain itu, kata Burhanuddin, sekitar 7.000 orang menghadiri undangan ini. Ide acara pemecahan rekor ini mengenai Lebaran Ketupat merupakan ide dari komunitas dan warga Jakarta Barat. Ia berharap Lebaran Ketupat menjadi ikon Jakarta Barat dan berkaitan dengan emosional warga yang terdiri dari berbagai macam suku dan etnis. Acara ini juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com