Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan di Jakarta, Remaja Curi Sepeda

Kompas.com - 04/09/2012, 20:04 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang remaja yang hendak melarikan sepeda hasil curian dibekuk oleh warga Kebayoran Lama. Warga beramai-ramai mengepung lokasi pelarian pelaku setelah mendengar teriakan keluarga korban.

Peristiwa itu terjadi di Gang Berdikari RT 06 RW 05 Kebayoran Lama, Selasa (4/9/2012) petang. Setelah bermain sepeda pada sore hari, Vira (9) memarkir sepeda di depan pintu rumahnya sekitar jam 18.00 WIB. "Tiba-tiba dia (pelaku) datang dan ambil sepeda saya," kata Vira di lokasi kejadian.

Melihat orang tak dikenal menggondol sepedanya, gadis itu langsung memberitahukan kepada neneknya. Informasi itu didengar oleh tantenya, Sely (21). Selly bertindak cepat dengan mengejar pelaku sambil meneriaki maling. "Dia lari lewat gang menuju jalan raya (Ciledug)," kata Sely.

Warga sekitar yang mendengar teriakan Sely langsung ikut mengejar dan mengepung jalur pelarian korban. Menyadari kehadiran warga yang semakin banyak, pelaku pun membuang sepeda yang dicuri agar lebih mudah meloloskan diri. Namun, warga akhirnya bisa membekuk pelaku yang kemudian diketahui bernama Iw (15). Remaja asal Desa Sumber Sari, Jawa Timur, itu sempat diberi pelajaran oleh beberapa warga sebelum diamankan kantor Pemadam Kebakaran Cipulir.

Kepada petugas Polsek Kebayoran Lama yang datang beberapa saat kemudian, Iw berdalih mencuri karena kebutuhan ekonomi. Ia mengaku baru sebulan berada di Jakarta. "Saya ngambil sepeda buat dijual untuk nambah uang makan. Pekerjaan saya memulung. Sekarang tinggal di Stasiun Palmerah," kata pelaku.

Bersama barang bukti sepeda lipat berwarna merah merek Jieyang, Iw kemudian dibawa ke Mapolsektro Kebayoran Lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com