Kamis, 31 Juli 2014

News / Megapolitan

Modus Ban Kempes, Rp 60 Juta Dicuri

Selasa, 4 September 2012 | 22:45 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Seorang pengendara mobil kehilangan tas berisi uang Rp 60 juta saat mengganti ban kempes di depan Kompleks Rumah Toko Pangkalan, Jalan Ahmad Yani, RT 4 RW 1, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (04/09) pukul 14.15.

Korban adalah Kusmanto, pegawai perusahaan ekspedisi. Warga Perumahan Taman Wisma Asri, Teluk Pucung, Bekasi Utara, ini kecurian saat mengganti ban kempes akibat paku yang tampaknya sengaja ditebar oleh pelaku.

Berdasarkan keterangan korban kepada penyidik Polres Kota Bekasi, sebelum kecurian, Kusmanto dalam perjalanan seusai mengambil uang dari bank di Jalan Ahmad Yani. Pegawai perusahaan ekspedisi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu tidak mengira akan menjadi korban kejahatan.

Selama mengendarai mobil Honda CRV hitam, tas cokelat berisi uang tunai Rp 60 juta ditaruh di kursi depan. Saat asyik berkendara, Kusmanto dikejutkan oleh ban mobil yang tiba-tiba kempes. Akibatnya, Kusmanto terpaksa menepikan mobil guna memeriksa ban yang kempes. Lelaki ini pun kaget karena ada paku berbentuk payung berukuran cukup besar yang menembus ban mobilnya.

Tidak ada pilihan lain, Kusmanto terpaksa mengganti ban mobil sebelum melanjutkan perjalanan. Saat sibuk mengganti ban mobil, Kusmanto menjadi lengah dengan tas cokelat berisi uang puluhan juta itu.

Saat itulah, ada orang yang mengambil tas tersebut tanpa disadari oleh korban. Seusai mengganti ban mobil dan masuk ke kendaraan, Kusmanto terkejut karena tas cokelat di kursi depan sudah lenyap. Ia pun menjadi panik tetapi kemudian melapor ke Polres Kota Bekasi.

Mendapat laporan, petugas menuju lokasi dan melaksanakan olah TKP. Di lokasi didapat barang bukti yakni paku dari besi payung. Paku itu disebar oleh seseorang yang berniat mencuri dari pengendara mobil.

Dengan menebar paku, ban mobil kempes, pengendara terpaksa mengganti ban, lengah, dan saat itulah pelaku mencuri. Diduga pelaku mengincar korban dari kalangan nasabah. Polres Kota Bekasi mengimbau, warga yang membawa uang banyak agar tidak sungkan meminta pengawalan petugas. 


Penulis: Ambrosius Harto Manumoyoso
Editor : Robert Adhi Ksp