Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ospek Mahasiswa UKI Toraja Berujung Tawuran

Kompas.com - 06/09/2012, 20:06 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Dipukuli saat berlangsungnya ospek, mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tana Toraja, Sulawesi Selatan, saling serang dengan lemparan batu dan balok, Kamis (6/9/2012) sore. Akibat dari aksi tawuran tersebut, beberapa orang polisi mengalami luka terkena lemparan batu.

Aksi tawuran yang melibatkan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja, awalnya terjadi di dalam halaman kampus. Namun aksi saling serang dengan lemparan batu serta pantungan, berlanjut ke jalan raya depan kampus mereka di Jalan Pongtiku, Kabupaten Tana Toraja. Sebagian mahasiswa ada yang membawa parang.

Puluhan mahasiswa juga mengalami luka lebam akibat terkena lemparan batu. Bahkan beberapa polisi kepolisian yang berusaha melerai kedua bela pihak yang bertikai, juga mengalami luka terkena lemparan batu.

Selain itu, aksi tawuran juga mengakibatkan beberapa rumah warga di sekitar kampus rusak terkena lemparan batu, dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, aksi tawuran ini dipicu adanya mahasiswa baru Fakultas Ekonomi yang dipukuli oleh mahasiswa Teknik, saat sedang menjalani orientasi dan pengenalan kampus (ospek).

Aksi tawuran dapat diredam setelah puluhan personel kepolisian dengan persenjataan lengkap yang dipimpin Kapolres Tana Toraja Ajun Komisari Besar Polisi. Yudi Sinlaloe, turun ke lokasi. Untuk membubarkan tawuran, polisi terpaksa mengeluarkan beberapa kali tembakan ke udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com