Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Juta Surat Suara Sudah Didistribusikan

Kompas.com - 07/09/2012, 19:54 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah mendistribusikan sebanyak satu juta surat suara dari jumlah total 7,1 juta surat suara yang dicetak. Kepala Kelompok Kerja (Pokja) Pendataan Pemilih KPU Provinsi DKI Jakarta, Aminullah, mengatakan bahwa laporan yang diterima baru wilayah Jakarta Pusat yang sudah mendapat surat suara.

Meski belum semua wilayah, ia menjelaskan bahwa proses pencetakan, pelipatan dan pemasangan hologram sudah selesai dilakukan. "Targetnya antara tanggal 10 atau 11 September, semua wilayah sudah menerima surat suara yang akan digunakan 20 September nanti," kata Aminullah, saat dihubungi, Jumat (7/9/2012).

Ia mengaku bahwa pengadaan logistik pada putaran kedua ini semuanya sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta. Sejak awal, pihaknya menargetkan distribusi logistik paling lambat seminggu sebelum pelaksanaan pemungutan suara atau sekitar tanggal 13 September.

Untuk putaran kedua ini, KPU Provinsi DKI Jakarta tetap menggunakan percetakan yang sama yaitu Balai Pustaka. Ukuran surat suara juga lebih kecil dibandingkan dengan putaran pertama mengingat calon yang bertarung lebih sedikit.

Seperti diketahui, jumlah DPT untuk putaran kedua ini mengalami penambahan sekitar 34.000 pemilih sehingga didapat angka pemilih sebanyak 6.996.951 pemilih. Sesuai dengan aturan, jumlah surat suara harus dilebihkan sebanyak 2,5 persen dari jumlah pemilih dalam DPT sehingga yang dicetak jumlahnya mencapai sekitar 7,1 juta surat suara.

Untuk nomor urut pasangan calon tidak akan berubah. Dengan demikian, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli tetap akan menggunakan nomor urut satu dan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama tetap memakai nomor urut tiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com