Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumarno Sosialisasi Pilkada DKI kepada Siswa SMA

Kompas.com - 10/09/2012, 16:17 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pokja Pilkada DKI, Sumarno mensosialisasikan pilkada DKI Jakarta putaran dua kepada sejumlah siswa SMA. Dihadapan siswa kelas XII di SMA 25 dan SMA 68 Jakarta Pusat, Sumarno menjelaskan pentingnya berpartisipasi dalam menentukan pemimpin DKI Jakarta. "Pemilih pemula itu pemilih yang kritis dan jumlahnya juga cukup signifikan, dan saya kira kalau mereka ikut berkontribusi akan memberikan hal positif bagi pilkada DKI Jakarta," jelas Sumarno, di Jakarta, Senin (10/9/2012).

Menurut Sumarno, sangat perlu memberikan sosialisasi mengenai pentingnya berpartisipasi dalam pilkada DKI Jakarta yang akan diselenggarakan tanggal 20 September. "Kita menjelaskan kepada mereka untuk datang ke TPS lalu mencoblos, jangan sampai mereka golput," jelasnya.

Kepada 90 siswa yang hadir, Sumarno pun menjelaskan bahwa model kampanye pada pilkada putaran kedua berbeda dengan model kampanye pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama. Sumarno juga menjelaskan bahwa para pemilih pemula ini harus menjadi pemilih cerdas dengan mengetahui visi dan misi masing-masing calon, memberi penilaian dan menghindari politik uang.

"Kalian harus jadi pemilih cerdas, jangan ikut-ikutan. Harus kenali visi dan misi cagub. Dilihat mana yang palig bagus, dilihat programnya, dilihat pendidikannya. Bukan sekadar milih," jelasnya.

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan diikuti oleh 800 ribu pemilih pemula. Pemilih pemula merupakan pemilih yang berumur 17 tahun pada tanggal 11 Juli. Sedangkan yang berumur 17 tahun pada tanggal 20 September tidak termasuk dalam kategori pemilih.

Sumarno melanjutkan bahwa model kampanye pada pilkada putaran kedua berbeda denagan model kampanye pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama. "Adik-adik boleh ikut kampanye, tapi kampanye di putaran pertama beda dengan putaran kedua, bukan arak-arakan. Adik-adik bisa ikut kampanye dengan nonton di TV," jelasnya.

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 20 September, kedua calon akan diberi waktu berkampanye pada tanggal 14-16 September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com