Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Bagikan Jamkesda kepada Nelayan di Jakut

Kompas.com - 11/09/2012, 19:54 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke dalam silaturahmi dengan para nelayan di Gelanggang Remaja, Kecamatan Cilincing, Kompeks Dewa Ruci TNI AL, Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara membagikan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Foke tiba di lokasi sekitar pukul 16.17 WIB.

"Karena kita memahami bahwa keluarga nelayan perlu perhatian dari pemerintah. Sekarang dengan adanya Jamkesda ini para pemegang kartu gratis berobat di 88 tempat pengobatan," kata Foke dalam sambutannya, Selasa (11/9/2012).

Jumlah Jamkesda sebanyak 1.035 kartu untuk nelayan Kalibaru, Kamal Muara, Lagoa, Marunda, Cilincing, Pluit, dan Penjaringan. Alokasi anggaran untuk program ini mencapai Rp 600 miliar.

Para pemegang kartu gratis ketika berobat bahkan apabila dioperasi sekali pun dengan batas atas mencapai Rp 100 juta. "Tetapi saya doakan agar semua warga selalu sehat," ujar Foke.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati menyatakan program kesehatan semacam ini sudah ada sejak 2002. Cikal bakalnya program layanan ini didasarkan kenyataan warga yang kesulitan dalam berobat. "Dulu mereka menggunakan surat keterangan tidak mampu atau SKTM. Tetapi kalau hanya itu tidak bisa menjadi jaminan untuk pihak rumah sakit. Dengan adanya program Jamkesda ini bisa digunakan di 88 tempat pengobatan. Nanti, pihak rumah sakit yang mengklaim biaya pengobatan, yang selanjutkan akan dibayarkan oleh pemda DKI," kata Dien Emawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com