Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ormas Bersitegang, Ciracas Mencekam

Kompas.com - 12/09/2012, 00:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua organisasi massa, yaitu Forum Betawi Rempug (FBR) dan Badan Pembina Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB), bersitegang di Jalan Supriyadi, Ciracas, Jakarta Timur. Akibat dari insiden tersebut, suasana sepanjang jalan itu tampak mencekam.

Soni (24), seorang pedagang nasi goreng yang mangkal di jalan itu mengatakan, dirinya tidak mengetahui persis penyebab ketegangan antara kedua ormas tersebut. Namun, sore harinya, kubu FBR berkumpul di depan kios buah di jalan yang mengarah ke Kampung Rambutan tersebut.

"Lengkap, bawa kayu, golok dan sebagainya. Mereka kumpul-kumpul mulai dari jam 16.00 WIB tadi. Katanya sih mau nunggu musuhnya," ujarnya kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Selasa (11/9/2012) malam.

Ketegangan pun memuncak ketika ratusan warga BPPKB datang ke lokasi berkumpulnya masa FBR tersebut. Namun, kedatangan masa BPPKB tersebut tak mengakibatkan keduanya bentrok. Kedua masa langsung menarik diri ke poskonya masing-masing. Masa FBR berada di Gg Waru, Ciracas, sementara BPPKP menarik diri ke Pasar Induk, Kramat Jati.

Berdasarkan pantauan, ketegangan masih terasa hingga pukul 23.57 WIB. Salah satu kelompok masa sempat memblokir Jalan Supriyadi yang mengarah ke Kampung Rambutan tersebut. Hal itu menyebabkan pengendara motor dan mobil terpaksa memutar balik kendaraan mereka. Sementara, diantara kedua kelompok berseteru tersebut, puluhan Reserse Mobil (Resmob) Polres Jakarta Timur, bersenjata lengkap, tampak bersiaga mengantisipasi terjadinya bentrokan. Hingga kini, belum ada satu pun pihak kepolisian yang bersedia memberikan keterangan atas insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com