Kamis, 24 April 2014

News / Megapolitan

Lagi, Foke Katakan Warga Jangan Salah Pilih

Rabu, 12 September 2012 | 02:06 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mememui para nelayan Jakarta Utara, Selasa (11/9/2012) di Gelanggang Remaja, Jalan Dewa Ruci, Kompleks Dewa Ruci TNI AL, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Ratusan nelayan memadati arena tersebut.

Dalam kunjungannya kali ini, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, menyerahkan secara simbolik sebanyak 1.035 kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk para nelayan, dengan rincian wilayah Kalibaru 414 kartu, Kamal Muara 54 kartu, Lagoa 18 kartu, Marunda 187 kartu, Cilincing 174 kartu, Pluit 106 kartu, dan Penjaringan 82 kartu.

Dalam kesempatan itu, Foke mengingatkan kembali agar warga Jakarta jangan salah memilih. Secara tersirat, Foke mengatakan dalam sambutannya bahwa ada pihak lain yang menawarkan sistem pelayanan kesehatan yang tidak lebih baik ketimbang yang ditawarkan Pemerintah DKI Jakarta di bawah naungannya sebagai gubernur. Alasannya, Jamkesda tidak hanya untuk pengobatan ringan. Apabila pasien diharuskan operasi, maka biaya akan ditanggung Pemprov DKI Jakarta dengan batas atas mencapai Rp 100 juta.

Sementara itu, Jokowi, pesaing Foke dalam perebutan kursi gubernur, juga menawarkan program pelayanan kesehatan dengan sebutan Kartu Jakarta Sehat. Program ini akan membiayai mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta.

"Jangan salah pilih.... Milihnya jangan salah. Milih yang Rp 100 juta apa yang Rp 15 juta? Orang Jakarta permintaannya sudah tinggi. Mau nggak dikasih yang lebih sedikit?" kata Foke dalam sambutannya, yang mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Meski demikian, Foke mendoakan agar para nelayan selalu sehat. Foke menyakini sesuai, dengan ajaran agama yang dianutnya, yang menyatakan dalam setiap harta seseorang (kita) terdapat bagian dari orang miskin, meski yang tidak meminta sekalipun karena orang miskin berhak mendapatkannya. Dia memahami keluarga nelayan perlu perhatian dari pemerintah.

"Saya berharap Ibu/Bapak memaklumi. Datangnya (program Jamkesda ini) dari mana nih?" tanya Foke kepada para nelayan. "Dari Allah, meskipun memang minjam tangan Bang Kumis," ujar Foke.


Penulis: Galih Prasetyo
Editor : Hertanto Soebijoto