Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Kalah dari Jokowi, Foke Luncurkan Game "Bersatu Jakarta"

Kompas.com - 12/09/2012, 16:45 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika beberapa bulan lalu calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meluncurkan games bertajuk Selamatkan Jakarta, petahana Fauzi Bowo tak mau kalah dengan merilis game berjudul Bersatu Jakarta.

Koordinator bangfauzi.com, Anis Fuad Hasyim, mengatakan bahwa permainan ini sama sekali tidak meniru terobosan yang dibuat oleh relawan Jokowi-Basuki beberapa waktu lalu. Bahkan ia menegaskan peluncuran game ini tidak terkait Pilkada DKI Jakarta 2012.

"Ini bukan meniru. Biar masyarakat saja yang menilai sendiri tentang permainan ini. Peluncurannya sekaramg karena bertepatan dengan ultah website kami," kata Anis, di Sarinah, Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Ide awal dari game ini adalah menyosialisasikan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada warga. Adapun permainan ini dibagi menjadi tiga jenis yakni mengenai Mass Rapid Transit, Kanal Banjir Timur dan Wajib Belajar gratis 12 tahun.

Ia menjelaskan bahwa game dengan format Adobe Flash ini dapat diakses di website bangfauzi.com melalui tautan berikut ini dan juga fan page Fauzi Bowo di jejaring sosial Facebook. Menurutnya, fan page Fauzi Bowo di laman Facebook hingga kini telah di-"like" sebanyak 4.600 pengguna.

Ketika ditanya mengenai anggaran pembuatan games ini, Anin enggan memberitahukannya. Ia mengaku bahwa pembuatan game ini murni untuk menyosialisasikan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tanpa ada maksud apapun.

"Tidak ada anggaran yang masuk. Kegiatan ini untuk publikasi kinerja Pemprov DKI dan bang Fauzi Bowo. Anggaran biaya game boleh dibilang nol persen," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com