Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri Bantah Dukung Foke-Nara

Kompas.com - 14/09/2012, 05:59 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan calon gubernur DKI Jakarta, Faisal Basri Batubara, menegaskan, dirinya tak mengarahkan dukungan kepada calon gubernur mana pun. Penegasan tersebut diungkapkan setelah beredar undangan acara deklarasi dukungan yang mengklaim pendukung Faisal Basri kepada salah satu calon.

"Faisal Basri menegaskan kembali tidak akan mengarahkan dukungan kepada cagub siapa pun," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/9/2012) malam.

Pria yang kalah dalam putaran pertama tersebut mengatakan, pernyataan pihak yang mengatasnamakan tim Faisal-Biem untuk kepentingan dukungan ke cagub atau cawagub tertentu merupakan klaim yang tidak benar. Menurut dia, pernyataan tersebut seharusnya diterjemahkan sebagai pernyataan individual.

"Faisal-Biem membebaskan eks tim dan pendukungnya untuk memilih gubernurnya. Itu diserahkan ke pribadi dan hati nurani masing-masing dan tanpa mengatasnamakan Faisal Basri atau Tim Faisal-Biem," katanya.

Pernyataan tersebut diungkapkan setelah secara mengejutkan pria yang dikenal kritis terhadap kebijakan pemerintah provinsi ini mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan nomor urut satu. Deklarasi tersebut tercantum dalam agenda yang dikeluarkan oleh Tim Media Center Foke-Nara.

Berikut ini saduran undangan tersebut: "Deklarasi Tim Sukses dan Pendukung Faisal Basri - Biem Benyamin kepada Pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli, di Posko Faisal-Biem Jalan Kramat Jaya Baru, Blok D-2 No.37 Johar Baru, Jakpus."

Pria yang ketika putaran pertama berpasangan dengan Biem Benyamin tersebut menyayangkan munculnya deklarasi itu. Namun, Faisal kembali memastikan deklarasi itu bersifat ilegal dan mencederai komitmen independen yang telah disepakati bersama. Terlebih, struktur tim sukses sudah dinyatakan bubar satu minggu setelah putaran pertama usai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com