Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Tionghoa di Gang Sempit Sambut Jokowi

Kompas.com - 14/09/2012, 16:56 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Jalan Ori, Kota Bambu Selatan 7, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat menyambut calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Jumat (14/9/2012) sore. Jokowi tiba di perkampungan ini sekitar pukul 15.45 WIB.

Saat turun dari mobil pribadinya, Jokowi langsung disambut oleh parade marawis yang dilakukan warga setempat. Di gang sempit yang hanya muat satu mobil tersebut, Jokowi sempat bersalaman dengan warga Tionghoa yang mendiami gang yang disebut "gang petak" ini. Salah seorang ibu pun berpesan agar Jokowi memperhatikan kesehatan masyarakat.

"Pak tolong Posyandu-nya dilengkapi fasilitasnya buat warga di sini supaya nggak perlu lagi biaya rumah sakit," ujar ibu itu, Jumat sore ini.

Tidak hanya kesehatan, ibu tersebut meminta Jokowi untuk menggratiskan pendidikan, membebaskan perumahannya dari banjir, sampai persoalan administrasi. Mendengar permintaan sang ibu, Jokowi pun geleng-geleng kepala. "Wah.. Wah.. Insyallah bu, insyallah doakan saja," kata Jokowi.

Hampir satu setengah jam pria asal Solo ini menyapa warga Kota Bambu Selatan. Di gang ini, Jokowi juga sempat berfoto bersama para relawan yang mendirikan posko sederhana di sana. Posko ini terletak di antara membanjirnya posko-posko Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Menurut salah seorang relawan yang juga warga setempat, Upi, kawasan Kota Bambu memang menjadi kantong suara Foke-Nara. "Mereka saingan di sini, suaranya kejar-kejaran kemarin. Di luar gang ini memang posko si Kumis semua, tapi kita nggak pernah ribut, masing-masing aja," ujar Upi.

Jadwal kampanye Jokowi pada hari ini didomonasi dengan lokasi kantong suara Foke seperti di kawasan Pasar Buncit Raya, Pasar Manggis, Menteng Dalam, dan terakhir di Kota Bambu Selatan, Palmerah. Jokowi mengakui bahwa kini timnya mulai berusaha meningkatkan jumlah suara yang pada putaran pertama kalah tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com