Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Klaim Banjir Jakarta Berkurang

Kompas.com - 14/09/2012, 21:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam acara debat publik putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, Petahana Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa banjir di Jakarta telah berkurang sekitar 40 persen. Untuk itu pada periode selanjutnya, ia akan menyempurnakan infrastruktur pengendalian banjir yang ada di Jakarta.

"Untuk selanjutnya kami akan melakukan pengerukan kali yang akan melancarkan aliran air," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Hotel Gran Melia, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Pengerukan kali ini memang ditujukan untuk memperlebar leher kali agar aliran air yang menyempit kembali normal. Selanjutnya, akan dilakukan juga relokasi kawasan bantaran sungai sehingga pengerukan kali dapat berjalan efektif.

Selanjutnya, beberapa pembangunan infrastruktur yang akan dilanjutkan adalah menyelesaikan pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT). Kemudian akan terus melakukan perbaikan Pengendali Banjir Pompa Air dan Pintu Air. Kemudian juga membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) agar mencapai target 30 persen yang diharuskan di Jakarta. Mengingat dengan adanya RTH ini akan membantu air meresap saat terjadi hujan dengan intensitas besar di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com