Jumat, 18 April 2014

News / Megapolitan

Foke Naik Pitam, Jokowi Tetap Senyum

Jumat, 14 September 2012 | 23:02 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam debat publik pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012, petahana Fauzi Bowo tampak naik darah saat disinggung oleh Joko Widodo mengenai hasil PPATK bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merupakan pemerintah daerah terkorupsi di Indonesia.

"Hasil PPATK itu sudah dijelaskan dan bukan seperti itu penjelasannya. Sebagai kepala daerah, jangan menyebar fitnah dengan mengandalkan informasi yang salah," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Hotel Gran Melia, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Ia pun kembali menegaskan bahwa angka kemiskinan di Jakarta merupakan yang terendah di Indonesia, dan itu merupakan indikator bahwa pembangunan di Jakarta berjalan baik dengan pemerintahan yang bagus.

"Mengenai anggaran, kami sudah transparan. Itu bisa dilihat secara online," ujar Foke.

Sementara itu, Joko Widodo yang disapa akrab Jokowi dengan sikap tenang mencoba menjelaskan terkait hasil PPATK tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya mampu menyimpulkan demikian karena PPATK merupakan lembaga yang dipercaya.

"Saya tahu. PPATK ini lembaga terpercaya. Itu yang saya dapat. Ya saya memang bukan orang pintar. Tapi kesimpulannya memang seperti itu," ujar Jokowi dengan tetap tersenyum.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Benny N Joewono