Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Debat Publik Jadi Acuan Warga Memilih

Kompas.com - 15/09/2012, 06:39 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada debat publik putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012, jawaban dan sikap kedua pasangan calon memunculkan karakter khas masing-masing. Hal itu dapat dijadikan acuan bagi warga Jakarta untuk memilih.

Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan, tiap-tiap pasangan calon memiliki karakter khas yang ditampilkan dalam gaya bicara, sikap, dan jawaban-jawaban terhadap kasus yang diujikan pada debat publik.

"Satu karakter mengedepankan konsep dan akademis, sedangkan satunya lagi mengandalkan bukti empiris," kata Yayat saat dijumpai seusai debat publik di Hotel Gran Melia, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Kendati demikian, ia tidak mau dengan gamblang menjelaskan calon mana yang kuat secara konsep dan calon mana yang tajam dalam hal bukti empiris. Namun, dari debat selama dua jam tersebut, warga Jakarta dapat mulai menentukan pilihan pemimpin yang tepat untuk Ibu Kota.

"Yang satu sangat kuat dan menguasai data serta merupakan orang dalam, sementara yang satu berasal dari luar dan berusaha memahami kondisi," ujarnya.

Meski begitu, Yayat mengembalikan semuanya kepada warga Jakarta untuk menggunakan hak pilih secara bijak pada 20 September mendatang. Menurut dia, hingga saat ini warga Jakarta masih belum dapat memastikan pilihannya karena lembaga survei juga tidak lagi berani mengeluarkan hasilnya.

"Melihat keadaan saat ini, ya semua tergantung pilihan masyarakat saja; mau yang dibuai dengan konsep belaka atau pilih yang memang memiliki tujuan atas tindakan akhir," kata Yayat Supriatna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com