Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Tuding Ada Rekayasa Isu Penggusuran

Kompas.com - 15/09/2012, 11:32 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membantah isu penggusuran di wilayah Berlan, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur. Permintaan untuk tidak menggusur warga di kawasan itu sebelumnya disampaikan salah seorang warga, Sutilah, saat bertatap muka dengan Foke, yang tengah berkampanye, Sabtu (15/9/2012).

Foke, yang saat ini masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, mengatakan, ada pihak-pihak yang sengaja melempar isu tersebut.

"Siapa yang melempar isu? Saya lihat ada pihak yang merekayasa," ujar Foke, di depan ratusan warga Berlan.

Menurutnya, sebagai Gubernur DKI, pemerintah provinsi memiliki mitra kerja terkait kebijakan penggusuran, salah satunya adalah DPRD.

"Jadi tidak mungkin gubernur punya rencana yang tidak diketahui oleh DPRD. Saya nyatakan secara resmi, tidak ada itu rencana penggusuran," tegas Foke.

Ia kemudian mengungkapkan, menjelang pemilihan putaran kedua, kerap muncul isu negatif. Foke  berharap isu-isu tersebut tidak menimbulkan gejolak berlebihan di masyarakat.

Warga yang menyampaikan permintaan tak digusur, Sutilah, adalah warga RW 03, Kampung Berlan. Ia mengatakan, beberapa waktu lalu sempat terdengar isu bahwa kawasan permukiman tersebut akan digusur. Namun, ia sendiri tak tahu dari mana isu tersebut muncul.

"Tapi, sekarang sih sudah enggak. Cuma takut aja bakalan jadi digusur, makanya kita langsung bilang saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com