Jumat, 31 Oktober 2014

News / Megapolitan

Ribuan Pasukan Kotak-Kotak "Flash Mob" di Bundaran HI

Minggu, 16 September 2012 | 09:57 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye atraktif digelar tim sukses pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama di hari terakhir kampanye putaran kedua Pilkada di Jakarta, Minggu ( 16/9/2012 ) pagi. Mereka menggelar flash mob di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Pengamatan Kompas.com, ribuan pendukung Jokowi-Basuki berbaju kotak-kotak telah berkerumum di depan Plaza Indonesia sejak pukul 07.00 WIB. Ketika Jokowi-Basuki datang dengan menggowes sepeda, flash mob dimulai.

Awalnya, beberapa orang menari mengikuti lagu "Jokowi dan Basuki" yang merupakan plesetan dari lagu milik One Direction berjudul What Makes You Beautiful. Beberapa alat pengeras suara dipasang di trotoar jalan.

Lagu yang juga dibuatkan video klipnya itu sudah diunggah di Youtube sejak Agustus lalu. Lirik lagu itu penuh dengan kritikan kondisi di Jakarta seperti kemacetan parah, antrean panjang di kelurahan, pungutan liar dari petugas kelurahan agar permohonan kartu tanda penduduk cepat selesai. Di akhir video, aktor yang berperan langsung membuka baju mereka dan berganti baju kotak-kotak ala Jokowi-Ahok.

Video itu lalu diikuti oleh ribuan pendukung Jokowi-Basuki yang berbaris di depan Plaza Indonesia. Ketika lirik "Ku mau Mas Jokowi dan Basuki", mereka lalu membuka jaket dan melempar ke atas. Kini, mereka mengenakan baju kotak-kotak.

Jokowi-Basuki yang berada di tengah kerumunan langsung ikut melompat-lompat bersama pengunjungnya mengikuti lantunan lagu. Tentunya, sambil mengangkat kedua tangan memberi salam tiga jari (metal). Seperti diketahui, pasangan Jokowi-Ahok mendapat nomor tiga dalam lembar surat suara.

Flash mob itu menarik perhatian ribuan warga Jakarta lain yang tengah berolahraga di sekitar HI. Saat itu, tengah digelar car free day. Mereka ikut berkerumum di sekitar pendukung Jokowi-Basuki. Ada pula yang mengamati dari atas jembatan penyebrangan.

Setelah itu, Jokowi-Ahok memberi kesempatan para pendukungnya untuk bersalaman atau sekadar berfoto. Keduanya sempat beristirahat sebentar dan melayani pertanyaan wartawan di halaman Plaza Indonesia sebelum melanjutkan agenda kampanye di tempat lain.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto