Sabtu, 1 November 2014

News / Megapolitan

Foke: Uang Segunung Tak Selesaikan Masalah Jakarta

Minggu, 16 September 2012 | 20:28 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur petahana DKI Jakarta Fauzi Bowo kembali menyindir rivalnya, Joko Widodo, dalam acara dialog penajaman visi-misi dan program kandidat gubernur DKI Jakarta. Sindirannya ditujukan pada masalah anggaran yang tidak tepat sasaran dan jumlah APBD yang besar tapi tidak berwujud perbaikan Jakarta.

"Permasalahan Jakarta tidak sederhana. Andaikata Anda punya uang segunung juga tidak akan menyelesaikan masalah Jakarta dalam sekejap," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, dalam debat kandidat "Jakarta Memilih, The Final Round: Dialog Penajaman Visi Misi dan Program Kandidat Gubernur DKI" di Studio MetroTV, Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Sejak debat publik pada Jumat (14/9/2012) lalu, Joko Widodo tidak berhenti menyinggung masalah anggaran pemerintah provinsi DKI Jakarta yang cukup besar, tapi hasilnya tidak signifikan dirasakan oleh warga. Calon gubernur nomor urut 3 itu selalu mengatakan bahwa jumlah APBD DKI Jakarta adalah yang paling besar di Indonesia. Untuk tahun 2012 saja, DKI Jakarta mampu mengalokasikan dana APBD sebesar Rp 36,7 triliun dan merupakan kenaikan yang signifikan dibandingkan masa pemerintahan Sutiyoso.

Menanggapi hal itu, Foke menyatakan bahwa apa yang dilakukannya terhadap anggaran daerah yang begitu besar telah disesuaikan dengan rencana besar pembangunan Jakarta. "Saya membangun Jakarta ini bukan hanya untuk masa jabatan saya saja, tapi juga untuk masa depan Jakarta," kata Foke.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Laksono Hari W