Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Siapkan Pasokan Air Untuk Jakarta

Kompas.com - 17/09/2012, 01:43 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fauzi Bowo atau Foke mengingatkan mengatasi masalah kota Jakarta tidak sesederhana seperti yang dibayangkan, terlebih mengenai sumber air.

Pasokan air baku seperti yang diketahui hanya berasal dari Jati Luhur. Foke mengklaim Pemda DKI tengah menyiapkan pasokan air yang lebih berkesinambungan. Bahkan untuk melancarkan proyek tersebut Pemda DKI menyiapkan dana sebesar Rp.4 Triliun.

"Pemerintahan DKI Jakarta tidak sesederhana yang kita bayangkan. Bicara masalah air bersih. Masalah pasokan air hanya dari Jati Luhur. Kita akan menyiapkan air yang lebih berkesinambungan. Sementara kita sudah membangun inisiatif baru. Kita akan buat pipa secara langsung," kata Foke saat debat kandidat Jakarta Memilih The Final Round: Dialog Penajaman Visi Misi dan Program Kandidat Gubernur DKI Jakarta di Studio Metro TV, Jakarta, Minggu (16/9/2012) malam.

Foke mengatakan saat ini air yang mengalir di 13 sungai terbuang sia-sia ke laut begitu saja. Dengan demikian membangun tanggul raksasa menjadi penting sehingga air tawar tidak hilang ke laut.

Terlebih tanggul juga membantu mengantisipasi rob yang kemungkinan bisa mengoyangkan pantai utara Jakarta. Pembangunan tanggul tersebut sudah harus dimulai sejak tahun 2015.

Pipa yang akan dibangun diperkirakan akan memasok bukan hanya air baku melainkan air bersih dengan kapasitas 9 liter kubik per detik.

Menurutnya, pasokan air bersih di pemukiman padat penduduk msih terkendali, dia menyebut wiayah Muara Angke dan Kali Baru.

"Sekarang air melalui 13 sungai itu mengalir ke laut begitu saja. Kita akan membangun tangul. Sehingga air tawar tidak begitu saja hilang ke laut. Karena tanggul juga mengamankan pantai utara Jakarta dari rob. Harus dimulai dri 2015," ujar Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com