Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Puas dengan Jawaban, Foke Cecar Jokowi

Kompas.com - 17/09/2012, 07:02 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Petahana Fauzi Bowo tampak tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh Joko Widodo saat ia menanyakan mengenai masa jabatannya di Solo yang belum selesai tapi memutuskan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

"Waktu itu, anda bilang bahwa masyarakat Solo adalah yang utama bagi anda. Tapi saat di Polda kemarin, anda bilang bahwa masyarakat Jakarta adalah yang utama bagi anda. Konflik batin seperti apa yang anda rasakan?" tanya Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat segmen Head to Head dalam Jakarta Memilih The Final Round: Dialog Penajaman Visi Misi dan Program Kandidat Gubernur DKI Jakarta, di Studio Metro TV, Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Menanggapi hal itu, Jokowi menjawab bahwa keputusannya untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta sesuai dengan undang-undang.

Untuk itu, pria yang masih menjabat sebagai Walikota Surakarta ini tidak ragu saat didaulat oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra sebagai salah satu kandidat gubernur.

Namun mendengar jawaban tersebut, Foke tidak merasa puas dan berkali-kali menyela Jokowi yang mencoba menjawab pertanyaan.

"Itu bukan yang saya tanyakan, pak Jokowi. Saya bukan orang Jawa. Tapi saya tahu orang Jawa itu peka masalah roso," ujar Foke.

Sementara itu, Jokowi tetap mantap dengan jawabannya. Meski waktu selama tiga menit masih tersisa, Jokowi menegaskan bahwa apa yang dijelaskannya tersebut sudah menjawab pertanyaan rivalnya tersebut.

"Baik. Kalau begitu saya simpulkan, pak Jokowi tidak menjawab pertanyaan saya," tandasnya dan hanya dibalas senyuman oleh Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com