Selasa, 30 September 2014

News / Megapolitan

Remaja Kebon Nanas Diserang, Satu Orang Luka Bacok

Senin, 17 September 2012 | 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan orang bersenjata tajam mengendarai motor, Minggu (16/9/2012) malam, tiba-tiba menyerang beberapa remaja tanggung yang tengah bermain bola di lokasi. Akibatnya, salah seorang remaja, Fahrul Roji (16), mengalami luka bacok. Aksi penyerangan remaja tanggung itu terjadi di Jalan Simanjuntak RT 08 RW 05, Kebon Nanas, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Idris (34), kakak ipar korban, mengatakan, adiknya terkena sabetan senjata tajam di bagian belakang leher. Kejadian tersebut menurutnya terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. "Adik saya lagi main bola di jalan, nggak tahu apa-apa, tahu-tahu sudah disabet sama mereka. Kena di leher, luka panjangnya sekitar sepuluh sentimeter, dalamnya dua sentimeter. Baju adik saya penuh darah," kata Idris, kepada Kompas.com, ketika dirinya bersama warga sekitar melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian, Polsektro Jatinegara, Minggu (16/9/2012) malam.

Warga sekitar yang mengetahui aksi tersebut sontak langsung mengejar para pelaku. "Warga keluar semua terus balik ngejar, mereka langsung kabur, tapi ada satu orang yang jatuh dari motornya, langsung diamankan. Sudah mau digebukin dia," kata Idris.

Akibat kejadian itu, Fahrul Roji mendapat jahitan di bagian belakang leher. "Dibawa ke Rumah Sakit Budi Asih. Tapi nggak dirawat. Adik saya dijahit 20 jahitan. Kalau dilihat dari lukanya itu disabet pakai golok," ujar Idris menceritakan.

Deni Firmansyah (16), salah satu remaja lain warga sekitar yang tengah mengendarai motor dan berpapasan dengan gerombolan pelaku, sempat dicegat. "Waktu itu saya lagi bonceng cewek, jadi mungkin karena ada cewek mereka nggak ngapa-ngapain saya," ujar Deni.

Ketika kejadian Deni mengatakan melihat para pelaku datang membawa senjata tajam berbagai jenis dan berukuran panjang. Deni yang mengenal gerombolan tersebut sebagai remaja Gang Ayub, sempat diminta pihak kepolisian mencari para pelaku di beberapa tempat, namun tak satu pun pelaku lain yang berhasil ditangkap.

Menurut beberapa warga yang ditemui Kompas.com di Mapolsektro Jatinegara, mereka menduga aksi penyerangan tersebut dilakukan sekelompok remaja yang berasal dari Gang Ayub, dari Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. Mereka mengatakan, remaja Gang Ayub sering terlibat bentrokan dengan remaja-remaja lain di wilayah Jakarta Timur. Dari kejadian itu, kasus ini tengah ditangani Polsektro Jatinegara.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Hertanto Soebijoto