Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Senang Kekuatannya dengan Jokowi Seimbang

Kompas.com - 17/09/2012, 12:59 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta yang juga calon petahana, Fauzi Bowo merasa senang melihat hasil survey beberapa lembaga yang menyatakan posisinya dengan pesaingnya, Joko Widodo memiliki kekuatan yang seimbang.

"Alhamdulilah lihat hasil survei-nya, putaran pertama kan saya ketinggalan jauh, jadi saya bersyukur berhasil mendapatkan kepercayaan warga untuk kembali ke posisi seimbang," kata pria yang akrab disapa Foke, di Balaikota, Jakarta, Senin, (17/9/2012).

Selain itu, Foke juga mengharapkan agar di hari pemungutan suara Kamis, (20/9/2012) mendatang, Jakarta bisa mendapatkan pemimpin terbaiknya. "Survei itu kan ada margin error, nanti kita lihat. Harapan saya, mudah-mudahan pada tanggal 20 nanti yang terbaik yang menjadi pemenang," ujar Foke.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia merilis temuan survei mereka terkait pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Hasil survei tersebut menyebutkan, pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja unggul tipis dari pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Pasangan nomor urut tiga itu meraih dukungan 45,6 persen. Seementara itu, pasangan dengan nomor satu dengan perolehan 44,7 persen. Margin error survei ini mencapai 5 persen.

Selain itu, lembaga Soegeng Sarjadi School for Government (SSSG) juga mengeluarkan rilis surveinya. Di survei ini, Jokowi juga diprediksi menang dengan perolehan 36,74 persen suara dari total 1.250 responden. Sedangkan Foke hanya mendapat suara sebesar 29,47 persen dari total responden.

Namun begitu hasil 36,74 persen ini tidak serta merta membuat Jokowi bisa berlega hati. Pasalnya sebanyak 22,04 persen responden belum memutuskan pilhannya. Sementara 9,03 persen menjawab tidak tahu, dan sebanyak 2,72 persen memilih golongan putih.

Sementara itu, Indonesia Network Elections Survey (INES) juga merilis hasil survei putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Hasilnya, mayoritas responden lebih memilih pasangan Jokowi-Basuki sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI mendatang. Hasilnya, 72,48 persen akan memilih pasangan Joko Widodo dan Basuki. Sementara yang memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli hanya 27,52 persen. Survei yang dilakukan INES memiliki margin error sebesar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com