Kamis, 18 Desember 2014

News / Megapolitan

Pot di Balaikota Dihancurkan Pendemo Kedubes AS

Senin, 17 September 2012 | 15:40 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi Gerakan Reformis Islam, Gerakan Pembela Islam dan Front Pembela Islam (FPI) menentang film anti Islam di depan Kedubes Amerika Serikat, berlangsung rusuh. Massa menghancurkan pot-pot di depan Balaikota Jakarta .

Tindakan brutal anggota dua ormas Islam itu untuk mendapatkan amunisi berupa pecahan pot, untuk dilemparkan ke arah polisi. Aksi lempar batu ke Kedutaan Besar Amerika Serikat pun tidak terhindarkan. Bahkan para pengunjuk rasa ini juga sempat melempari halaman Balaikota dengan batu dan bambu yang mereka bawa.

Pelemparan batu dan bambu ke halaman Balaikota ini diduga karena terjadi salah paham. Kepala Seksi Penertiban Satpol PP DKI Jakarta, Darwis Silitonga mengatakan bahwa para demonstran melempari batu karena melihat ada mobil Pemadam Kebakaran yang terparkir di depan Balaikota. Mendadak pengunjuk rasa melakukan aksi lempar batu hingga akhirnya mobil tersebut dipindahkan.

Sebelumnya, ribuan orang ini melakukan aksi long march dari Bunderan Hotel Indonesia. Demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan orang ini terkait film Innocence of Muslims yang dianggap melecehkan Nabi Muhammad SAW.

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Ana Shofiana Syatiri