Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lempar Batu dan Kayu di Depan Kedubes AS

Kompas.com - 17/09/2012, 16:10 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa di depan Gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2012) siang, berubah anarkis. Massa yang semula melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia ke Kedubes AS terlibat bentrok dengan polisi yang berjaga-jaga di depan Kedubes AS.

Menghadapi para pengunjuk rasa tersebut, polisi melontarkan gas air mata ke arah massa. Massa membalasnya dengan lemparan kayu dan bambu. Sementara itu, seseorang yang diduga provokator diamankan oleh polisi.

Aksi pembakaran dan lempar batu sempat mewarnai demonstrasi. Satu buah mobil pemadam kebakaran pun sempat menjadi korban aksi demo massa. Belum diketahui secara persis awal mula kericuhan tersebut. Suasana mencekam itu memaksa polisi menutup Jalan Medan Merdeka Selatan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Aksi demonstrasi oleh Front Pembela Islam dan gabungan organisasi masyarakat keagamaan itu bertujuan memprotes film "Innocence of Muslims" yang dicap menghina Nabi Muhammad SAW. Massa menuntut agar Kedubes AS di Indonesia diusir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com