Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangerang Mulai Bangun RS Gratis

Kompas.com - 17/09/2012, 23:40 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com- Setelah meluncurkan program gratis biaya kesehatan bagi 1,8 juta untuk warga Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai membangun Rumah Sakit Umum Kota (RSUK) Tangerang. Sarana dan prasarana yang dibangun di tempat ini akan digunakan khusus untuk melayani pengobatan gratis bagi warganya.

"Boleh jadi, Kota Tangerang yang pertama kali membangun rumah sakit umum yang melayani pengobatan gratis di seluruh Indonesia," kata Wali Kota, Wahidin Halim seusai acara peletakan batu pertama pembangunan RSUK Tangerang, di Perumahan Moderland, Kelurahan Kelapa Jaya, Kecamatan Tangerang, Senin (17/9/2012).

Selain bisa berobat ke RSUK, lanjut Wahidin, warga juga bisa berobat  ke-28 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang.  "Syaratnya sama, yang penting warga Kota Tangerang dan tinggal menunjukkan KTP dan atau KK saja," kata Wahidin.

RSUK dibangun di atas lahan seluas 14.000 meter persegi (m2). Pembangunan fisik bangunan 15.630 m2 dibagi dalam dua tahap, yakni tahun anggaran 2012 dan 2013. Tahap I sebesar Rp 44 miliar dan tahap II Rp 71 miliar. Dengan total keseluruhan biaya diperkirakan mencapai 115 miliar.

Adapun bangunan meliputi 3 bagian, bagian I (5 lantai), bagian II (3 lantai) dan bagian III (2 lantai). Dengan kapasitas 30 ruang rawat inap dengan 120 tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com