Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Cari Provokator Kerusuhan di Depan Kedubes AS

Kompas.com - 18/09/2012, 19:36 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya telah melepas empat demonstran yang ditahan pasca kerusuhan di depan Kedubes Amerika Serikat pada Senin (17/9/2012) kemarin. Meski begitu, polisi tetap melakukan penyelidikan terkait bentrokan anarkis tersebut.

"Sampai saat ini masih diadakan penyidikan lewat rekaman. Dari situ bisa diketahui pihak yang mungkin melakukan provokasi sehingga terjadi kericuhan," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Selasa (18/9/12), di Mapolda Metro Jaya.

Rikwanto juga mengingatkan bahwa kepolisian akan tetap mengawal setiap tindakan demonstrasi.

"Tindakan demo dan unjuk rasa diperbolehkan karena masuk dalam kebebasan berpendapat di muka umum, dan dilindungi undang-undang. Polisi akan mengawal, menjaga serta memfasilitasi agar demo berlangsung aman dan lancar, dan kalau ada anarkisme bisa dilakukan pembubaran paksa agar tidak jatuh korban," urainya.

Empat demonstran tersebut ditangkap menyusul terjadinya kericuhan saat ormas-ormas Islam yang tergabung di bawah Forum Umat Islam (FUI) melakukan longmarch di depan kedubes Amerika Serikat di Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Aksi longmarch itu dilakukan sebagai protes terhadap film Innocence of Muslims yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com