Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-bentrokan, Penjagaan Kedubes AS Ditingkatkan

Kompas.com - 18/09/2012, 22:23 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sehari setelah didemo Forum Umat Islam terkait film Innocence of Muslims, Kedutaan Besar Amerika Serikat masih dijaga. Meski hanya protokoler, kewaspadaannya lebih ditingkatkan.

"Pengamanan di kedubes AS tetap berupa keamanan protokoler. Hanya saja kewaspadaannya ditambah," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/9/2012).

Rikwanto juga meminta warga Jakarta tetap beraktivitas seperti biasa. Jika ada unjuk rasa seperti Senin (17/9/2012), polisi akan menginformasikan kepada media.

"Kalau ada informasi mengenai demonstrasi, kami akan informasikan ke media agar jangan sampai aktivitas masyarakat terganggu," ujar Rikwanto.

Selain itu, Rikwanto juga meminta cabang-cabang franchise restoran siap saji asal Amerika Serikat tidak perlu khawatir. Mereka diminta tetap buka seperti biasa.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa Forum Umat Islam di depan Kedubes AS pada Senin kemarin berlangsung rusuh. Mereka melempari ratusan polisi yang berjaga dengan batu, kayu, bahkan bom molotov.

Untuk memukul mundur demonstran yang sudah beringas, polisi menembakkan gas air mata dan water cannon. Pengunjuk rasa sempat mundur, tetapi kembali terjadi bentrokan.

Ada 11 dari pihak kepolisian yang terluka dan dibawa ke RS Medistra, Jakarta. Polisi juga menahan empat orang yang membawa ketapel. Namun, Senin malam mereka dilepaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com