Minggu, 23 November 2014

News / Megapolitan

Peta Kekuatan Foke Versus Jokowi (1)

Rabu, 19 September 2012 | 01:19 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tinggal menyisakan dua calon peserta pada pemungutan suara putaran kedua. Besok, Kamis (20/9/2012), kedua kandidat itu akan saling bertarung memperebutkan takhta Jakarta-1. Siapa paling kuat?

Pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta, 11 Juli 2012, pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dengan nomor urut 3 menjadi pemenang dengan perolehan suara sebesar 1.847.157 suara. Jumlah itu setara dengan 42,60 persen dari total jumlah suara sah sebanyak 4.336.486 suara. Adapun duet gubernur petahana Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli dengan nomor urut 1 berada di peringkat kedua dengan meraih 1.476.648 suara atau 34,05 persen.

Dengan jumlah suara sebanyak itu, kedua kandidat itu bisa unggul jauh di atas empat lawannya pada putaran perdana lalu. Jokowi-Basuki merajai perolehan suara di lima kota administratif Jakarta. Adapun Foke-Nara menjadi pemenang dalam perebutan di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu dengan perolehan dukungan melebihi 50 persen.

Infografis dalam artikel ini menunjukkan peta kekuatan kedua calon peserta Pilkada DKI Jakarta itu berdasarkan perolehan suara pada putaran pertama. Pada gambar di atas, ditampilkan persentase perolehan suara keenam kandidat secara proporsional dalam bentuk lingkaran warna-warni. Hasil suara di Kepulauan Seribu tidak ditampilkan pada peta karena terlalu kecil digambarkan sesuai proporsinya. Untuk melihat hasil perolehan suara secara keseluruhan, silakan melihat grafik di bawah ini:


Penulis: Laksono Hari Wiwoho
Editor : Laksono Hari W