Kamis, 21 Agustus 2014

News / Megapolitan

Jakarta Tegang, Setiap TPS Akan Dijaga Polisi

Rabu, 19 September 2012 | 16:53 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mengantisipasi potensi meningkatnya ketegangan di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua dengan menempatkan petugas yang berjaga di setiap TPS.

"Sudah diperhitungkan eskalasi ketegangan di putaran kedua karena tinggal dua pasangan yang bersaing," kata Kabag Operasi Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Yossie Y Prihambodo kepada Kompas.com di Mapolrestro Jaksel, Rabu (19/9/2012).

Yossie menerangkan, Polrestro siap menerjunkan petugas untuk membantu mengamankan jalannya pencoblosan. Tiap Polsek akan menyiapkan satu satuan setingkat kompi (SSK). Mereka akan didukung petugas dari Polres dan Polda Metro.

"Kami perkirakan setiap 2-3 TPS akan diawasi satu petugas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan petugas keamanan kelurahan dan kecamatan," jelas Yossie.

Terkait informasi sejumlah warga yang menyebutkan adanya kelompok masyarakat tertentu yang berkeliling dan melakukan tindakan intimidatif di kompleks perumahan dan pemukiman, Yossie mengaku belum mendapat laporan. Namun polisi siap mengambil tindakan jika ada laporan dari warga seputar intimidasi atau provokasi pihak tertentu terkait Pemilukada DKI.

Laporan tentang adanya tindakan provokasi dan intimidasi dari kelompok masyarakat tertentu sempat terungkap melalui media sosial. Untuk wilayah Jakarta Selatan, kasus itu antara lain terjadi di Jagakarsa dan Kebayoran Lama.


Penulis: Imanuel More
Editor : Ana Shofiana Syatiri