Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Optimis Menang, Menurut Ramalan

Kompas.com - 19/09/2012, 17:31 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis dapat memenangkan pemilihan gubernur putaran kedua. Ia yakin dapat mengungguli lawan politiknya Fauzi Bowo dalam memperoleh suara pemilih.

"Saya optimis masih akan menang di setiap kecamatan, ditambah suara dari Kepulauan Seribu, menurut ramalan," kata Joko Widodo di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/9/2012).

Jokowi meminta media ikut mengawasi berjalannya proses Pilkada DKI supaya berjalan jujur dan adil. Media harus bisa mengawasi agar tidak terjadi money politics di kalangan masyarakat.

Menurutnya, pemberian sembako atau serangan fajar harus bisa dihilangkan di Pilkada Jakarta. Kecurangan dapat dihentikan dengan pengawasan yang ketat.

Selain itu, kata Jokowi, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta harus berjalan dengan aman dan tertib, sehingga menjadi contoh untuk daerah-daerah lain.

"Kalau Ibu Kota negara saja enggak jadi contoh, daerah yang lain mau seperti apa," ujar Jokowi.

Sedangkan mengenai ancaman yang diterima di daerah lumbung suaranya Jokowi mengungkapkan hal tersebut memang kerap terjadi, terutama H-3 jelang pemilihan. Kecurangan dengan money politics pun kian ramai. Tetapi Jokowi tidak ikut pusing karena sedang berada di Solo.

"Tapi yo wong saya di Solo, jadi saya tidak pusing. Yang kelabakan itu gerilyawan-gerilyawan kita," ungkap Jokowi.

Berita terkait Pilkada DKI Jakarta juga dapat diikuti dalam topik: Jakarta 1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com