Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Ribu Relawan Jokowi-Basuki Amankan TPS

Kompas.com - 19/09/2012, 20:51 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 45 ribu anggota Tim Relawan Jokowi-Basuki siap diterjunkan ke TPS-TPS guna mengawasi dan mengamankan Pemilukada DKI Jakarta, Kamis, 20 September 2012, besok. Mereka akan dipandu tim yang bekerja di Pusat Data Relawan JB.

"Di data center ini ada 150 operator. Masing-masing akan memonitor 300 relawan yang ada lapangan. Jumlah mereka 45 ribu orang," kata Hasan Nasbi, Koordinator Tim Relawan JB, saat memberikan keterangan pers di Data Center Relawan JB, Menara 165, Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2012).

Tim tersebut telah melalui seleksi dan melalui pelatihan khusus selama 3,5 bulan. Mereka dilatih untuk bekerja secara sistematis dalam melakukan pemantauan dan langkah antisipatif dalam menghadapi masalah dan kecurangan di lapangan maupun di sekitar TPS.

Hasan menjelaskan, 150 orang yang bertugas sebagai operator akan bekerja secara bergantian untuk tetap bersiaga 24 jam.

"Kerja full 24 jam selama sejak tiga hari sebelum pencoblosan hingga tiga hari setelah pencoblosan," jelas Hasan.

Sementara itu, relawan JB akan menyebar ke seluruh TPS di lima wilayah kota dan wilayah administratif Kepulauan Seribu hingga ke tingkat provinsi. Seluruh anggota terorganisasi secara rapi dan terintegrasi oleh sistem digital.

"Semuanya didukung perangkat teknologi, organisasi yang rapi, dan terutama militansi pendukung Jokowi-Basuki. Gerakan anggota di lapangan terpantau oleh operator yang ada di sini," jelas Hasan.

Dengan cara ini, ia berharap pihak-pihak yang ingin melakukan kecurangan dan menghalalkan segala cara dapat dibendung. Selain itu, langkah yang dilakukan puluhan ribu relawan itu untuk membuktikan keseriusan Jokowi-Basuki untuk memenangkan Pemilukada DKI dengan cara yang jujur dan bersih.

 

Berita Pilkada DKI Jakarta juga dapat dinikmati di topik: Jakarta1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com