Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Jaktim Kerahkan Anggota di 4.162 TPS

Kompas.com - 19/09/2012, 23:11 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi Resort (Polres) Metro Jakarta Timur akan menerjunkan ribuan personelnya untuk mengamankan 4.162 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. "Nanti kita mengerahkan anggota di TPS-TPS. Ini untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pemungutan suara di Jakarta Timur," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Timur, Komisaris Polisi Didik Hariyadi, kepada wartawan, Rabu (19/9/2012).

Menurutnya, setiap anggota akan mengamankan satu buah TPS. Sedangkan untuk TPS yang berjarak dekat, cukup dijaga satu anggota kepolisian saja. "Nanti bisa dengan sistem 1-2, 1-4 tergantung jarak. Jadi misalnya, satu orang untuk dua TPS, atau satu orang untuk empat TPS, tapi untuk yang jaraknya dekat," ujar Didik.

Polres Jaktim menjamin akan mengawal surat suara dari kantor kelurahan sampai pada tempat pemungutan suara, saat perhitungan, hingga dibawa kembali ke pusat. Personel Brimob pun akan disebar di lima titik wilayah di Jakarta Timur, di wilayah Makassar, Jatinegara, Pulogadung, Cakung dan Kramat Jati.

Adapun total jumlah pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkada DKI putaran kedua, Kamis (20/9/2012), untuk wilayah Jakarta Timur yakni  3.575 personel gabungan. Jumlah tersebut dengan rincian, 1.203 dari jajaran Polres dan Polsek di Jakarta Timur, 1.613 staf pasukan cadangan, dan 759 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) yang melibatkan BKO Polres Tangerang, Polres Tangerang Kota, Polres Bekasi Kota, kemudian dari Polres Bekasi Kabupaten, Polres Bandara Soekarno-Hatta dan dari BKO Mabes TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com