Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada 12 TPS Dibangun Berjejer di Tengah Jalan

Kompas.com - 20/09/2012, 01:01 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kalau biasanya tempat pemungutan suara (TPS) ditemukan di sebuah tanah lapang atau lapak kosong, kali ini di Jalan DR KRT Radjiman Widyodiningrat, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, ada 12 TPS yang didirikan di tengah jalan. Uniknya, 12 TPS tersebut didirikan berdekatan dan berjejer dengan menutup jalan sekitar 300 meter.

Haji Jumari, yang merupakan Ketua RW 06 tempat 12 TPS itu berdiri, mengatakan, hal tersebut sudah berlangsung lama sejak pemilihan presiden dahulu. "Kita sudah mulai sejak pilpres, setelah itu kita lakukan evaluasi dan ternyata lebih banyak positifnya," kata Jumari, Rabu (19/9/2012).

Menurut Jumari, lokasi TPS yang dibangun menjadi satu jejer tersebut dengan maksud memotivasi semua warga supaya lebih antusias menggunakan hak pilih mereka.

"Ini supaya bisa menarik warga agar tidak ada yang golput. Ada kebersamaan, dan yang paling penting, warga yang kurang semangat, dengan adanya seperti ini secara tidak langsung jadi semangat. Niatnya juga untuk mempermudah pemantauan dan menciptakan kebersamaan," ujar Jumari.

Namun, sambung Jumari, karena letaknya yang berada di tengah jalan, ia juga tidak memungkiri akibat hal itu lalu lintas jalan menjadi macet. Pasalnya, pengguna jalan dapat menggunakan satu jalur di bahu sebelah saja, menjadi dua jalur berlawanan.

Pada 12 TPS tersebut, terdapat 13 RT yang dimulai dari RT 01 sampai RT 13, di mana masing-masing warga dari tiap RT yang mempunyai hak pilih akan melakukan pencoblosan pada Kamis (20/9/2012).

Sementara itu, data yang diperoleh dari Kelurahan Rawa Terate, di 12 TPS tersebut ada total 5.781 orang yang akan mencoblos. Di lokasi itu berdiri TPS dengan nomor TPS 037 sampai dengan TPS 048.

Dari pantauan, TPS yang didirikan menutupi jalan. Akibatnya, ruas jalan dari Buaran ke arah Cakung terpaksa ditutup sejak Rabu sore. Pengguna kendaraan yang hendak melintas pun dialihkan menjadi satu jalur melawan arah menggunakan jalur di bahu sebelahnya. Penutupan jalan ini akan berlangsung hingga selesai kegiatan pencoblosan dan penghitungan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com