Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silakan Nikmati Lengangnya Jakarta Pagi Ini!

Kompas.com - 20/09/2012, 08:29 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga yang beraktivitas di Jakarta, Kamis (20/9/2012) pagi ini, dapat menikmati kondisi lalu lintas Ibu Kota yang lengang. Pasalnya, hari ini ditetapkan sebagai hari libur, bertepatan dengan pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Pengamatan Kompas.com, mulai pukul 07.00 hingga 08.00, jalanan di pinggiran Jakarta, seperti Jalan Raya Pondok Gede hingga Taman Mini Indonesia Indah, lengang. Jalur protokol dan tol dalam kota mulai dari Cawang hingga Slipi ataupun arah sebaliknya tak kalah lengangnya.

Biasanya, warga Jakarta harus menguras banyak tenaga untuk melintasi jalur tersebut. Waktu pun terbuang sia-sia. Tak sedikit pengendara sepeda motor, mobil pribadi, hingga bus yang nekat masuk ke jalur bus transjakarta untuk menghemat waktu. Akibatnya, bus transjakarta pun ikut kena macet.

Pagi ini, tak banyak pula anggota kepolisian yang bertugas mengatur arus lalu lintas. Tampak hanya belasan wanita polisi yang berjaga di sepanjang Jalan Gatot Subroto. Biasanya, puluhan anggota polisi harus sibuk mengatur kendaraan setiap pagi.

Kondisi lengang juga terlihat di Jalan Rasuna Sahid di dua arah, perempatan Kuningan hingga perempatan Ragunan di dua arah, dan jalan TB Simatupang di dua arah. Kendaraan hanya terhenti di lampu-lampu merah.

Antrean tak terlihat di halte-halte bus transjakarta. Akibatnya, kondisi di dalam bus sepi. Seperti diketahui, seluruh pegawai kementerian/lembaga di Jakarta diliburkan hari ini. Adapun perusahaan swasta akan beraktivitas di siang nanti.

Jadi, silakan menikmati lalu lintas Ibu Kota yang jarang terjadi di tengah pertarungan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama untuk menduduki DKI 1 periode 2012-2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com