Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Anggota HMI Demo "Innocence of Muslims"

Kompas.com - 21/09/2012, 14:51 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa dan demo terkait film Innocence of Muslims terus berlanjut. Hari ini, sebanyak 100 anggota HMI Jakarta Timur direncanakan mengadakan aksi di depan Kedubes Amerika Serikat.

"Memang akan ada 100 anggota dari HMI Jakarta Timur yang akan berdemo, begitu juga dengan elemen-elemen Islam di Depok hendak mengadakan konvoi. Tujuannya masih sama, menyatakan ketidaksukaan terhadap film Innocence of Muslims serta karikatur di media Perancis," urai Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (21/9/12).

"Dalam demo tersebut, mereka hendak menyampaikan keinginan sutradara serta aktor Innocence of Muslims dihukum," katanya.

Terkait dengan penutupan beberapa kantor perwakilan Amerika Serikat di Indonesia, Rikwanto menyatakan, setiap negara memiliki kebijakan masing-masing dan pihak Kedubes AS sejak Kamis telah menyatakan menutup sementara beberapa perwakilan mereka di Indonesia sebagai antisipasi tindak unjuk rasa. Sampai kapan belum diketahui, tergantung analisis mereka.

Rikwanto mengatakan, tugas pokok polisi adalah mengamankan aksi unjuk rasa dan menjaga agar situasi tetap kondusif. Kepolisian menurunkan 785 personel keamanan, termasuk Penanggulangan Huru-Hara (PHH) untuk mengantisipasi jika terjadi tindak anarki.

Terkait dengan demonstrasi FUI yang berujung kericuhan Senin lalu, Rikwanto mengatakan, akan diadakan sweeping terhadap para peserta unjuk rasa. Rikwanto mengatakan, dalam standar operasional prosedur (SOP), dalam radius 500 meter sampai 1 kilometer dari lokasi demo akan diadakan sweeping untuk mengantisipasi seandainya ada peserta demo yang membawa barang-barang yang tidak seharusnya dibawa seperti batu, bom molotov, dan ketapel.

Berbeda dengan yang terjadi di Kedubes AS, situasi Kedubes Perancis menurut Rikwanto sampai saat ini masih adem ayem. "Dari kedutaan Perancis belum ada laporan soal terjadi demonstrasi. Begitu juga dari elemen-elemen masyarakat, belum ada yang membuat laporan berdemo di kedutaan Perancis," kata Rikwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com