Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil "Real Count" Versi Relawan JB Dirilis

Kompas.com - 25/09/2012, 07:28 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim pemenangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama akhirnya memaparkan hasil real count Pilkada DKI Jakarta versi mereka. Dalam paparan yang disampaikan Sekretariat Bersama Relawan Jokowi-Basuki, pasangan pengusung slogan "Jakarta Baru" (JB) itu unggul lebih dari 7 persen atas pesaing mereka, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

"Dari perhitungan suara yang mencapai 98,4 persen, suara yang terkumpul untuk Jokowi-Basuki mencapai 52,82 persen dan Foke-Nara 45,13 persen," sebut Nurcahyo Honggowongso, Ketua Tim Sekber Relawan Jokowi-Basuki, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (25/9/2012).

Nurcahyo menjelaskan, data real count ini berbeda dengan data hitung cepat (quick count) karena data relawan ini merupakan data resmi yang diperoleh dari setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang diawasi oleh relawan JB. Penghitungan tersebut diperoleh berdasarkan data dari 14.940 TPS dari total 15.059 TPS, per tgl 24 September 2012.

"Dalam Pilkada putaran kedua, Sekber menyiapkan 23.000 relawan di lapangan yang berkaitan dengan IT. Selain itu, juga menyediakan 892 satgas kelurahan, tim reaksi cepat dengan program call center dan gerebek media yang berjumlah 49 orang, ditambah dengan tim medis. Sekber relawan ini menaungi 60.000 lebih relawan dan 578 komunitas," urai Nurcahyo yang didampingi dua pentolan Timses JB lainnya, Kris Budihardjo dan Budi Purnomo Karjodihardjo.

Dalam kesempatan yang sama, Tim JB juga mengimbau para relawan untuk tidak merayakan keunggulan ini secara berlebihan. Para relawan dan pendukung Jokowi-Basuki diharapkan tetap mengawasi proses rekapitulasi data di berbagai tingkatan yang masih berlangsung saat ini.

Budi Purnomo menambahkan, kegembiraan berlebihan juga perlu dikendalikan sebagai bentuk simpati terhadap para korban kebakaran yang masih dalam kondisi memprihatinkan. "Mengimbau agar Tim Bantuan Sosial Sekber Relawan Jokowi-Basuki untuk terus bekerja untuk membantu meringankan korban kebakaran," ulas Tim Pemenangan JB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com