Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, KPU Jakarta Gelar Rekapitulasi Tingkat Provinsi

Kompas.com - 27/09/2012, 14:17 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua, Jumat (28/9/2012) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

"Besok kita rekap di tingkat Provinsi DKI Jakarta dan kemudian akan ditentukan hasilnya pada hari selanjutnya (Sabtu). Selanjutnya KPUD akan bersurat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan melantik Gubernur/Wakil Gubernur terpilih," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU DKI, Sumarno, di Kantor KPU DKI, Jakarta, Kamis, (27/9/2012).

Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi juga akan dihadiri tim sukses kedua pasangan calon, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, serta enam jajaran pejabat KPU Kabupaten/Kota di Jakarta.

Sementara itu, terkait evaluasi pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota KPU DKI mengapresiasi proses penghitungan yang berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

"Kita sudah melaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota, telah menyelesaikan semuanya. Kotak suara sudah diserahkan di provinsi. Soal perbedaan-perbedaan kecil itu biasa, yang penting semua saksi ikut menandatangani, bukti menerima hasil rekapitulasi," kata Sumarno.

Sumarno menambahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota tidak jauh beda dengan hasil penghitungan cepat beberapa lembaga survei.

"Di lima wilayah DKI, pasangan Jokowi-Basuki unggul. Di Kepualauan Seribu, pasangan Foke-Nara unggul. Nggak beda jauh dari penghitungan quick count dengan hasil rekap, yah beda tipis lah," kata Sumarno.

Dia menambahkan dalam rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi KPU akan memberikan kesempatan bagi para saksi calon untuk menanggapi dan bertanya.

Jika tidak terjadi gugatan terhadap hasil Pilkada DKI Jakarta ini maka serah terima jabatan serta pelantikan gubernu dan wakil gubernur baru akan dilaksanakan pada 7 Oktober di DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com