Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percuma, Tarif Naik Tanpa Perbaikan Pelayanan

Kompas.com - 01/10/2012, 13:47 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Senin (1/10/2012) ini, harga tiket untuk Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line resmi naik. Meski sebagian besar penumpang sempat menolak dan membuat petisi, PT KAI tetap menjalankan kenaikan tarif ini. Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Azas Tigor Nainggolan, mengatakan bahwa dirinya juga tidak setuju dengan kenaikan tarif yang dinilai menyusahkan masyarakat ini. Menurutnya, kenaikan tarif moda angkutan massal berbasis rel ini akan diterima jika pelayanannya juga membaik.

"Saya sangat tidak setuju. Untuk apa menaikkan tarif tapi tidak ada perubahan dari segi pelayanan," kata Tigor, saat dihubungi, Senin (1/10/2012).

Seperti diberitakan sebelumnya, tarif commuter line hari ini yang naik adalah kereta dengan tujuan Bogor-Jakarta Kota/Jatinegara (Rp 9.000), Bogor-Depok (Rp 8.000), Depok-Jakarta Kota/Jatinegara (Rp 8.000), Bekasi- Jakarta Kota (Rp 8.500), Tangerang-Duri (Rp 7.500), dan Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang (Rp 8.000).

"Kalau tidak ada perubahan pelayanan, apa gunanya naik. Dengan bayar lebih mahal, masyarakat pasti ingin pelayanan yang lebih baik," ujar Tigor.

PT KAI menganggap bahwa pihaknya memerlukan biaya investasi yang tinggi karena biaya operasional yang juga naik. Salah satu caranya adalah menaikkan harga tiket KRL AC. Namun, upaya kenaikan tarif commuter line ini tidak berjalan lancar karena banyaknya gelombang protes dari para pengguna setia commuter line.

Berita terkait dapat diikuti di topik : COMMUTER LINE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com