Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Hewan Kurban Mulai Naik

Kompas.com - 01/10/2012, 17:49 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Harga hewan kurban di awal Oktober 2012 di Semarang, Jawa Tengah mulai merangkak naik. Harga hewan kambing naik antara Rp 200.000 per ekor, sedangkan hewan sapi kenaikan harganya bisa mencapai Rp 2 juta per ekor.

Sejumlah pedagang kambing di Pasar Kambing Mrican, Kota Semarang, Senin (1/10/2012) mengemukakan, kenaikan harga hewan kurban ini biasa terjadi menjelang perayaan Idhul Adha pada 26 Oktober nanti.

"Kenaikan harga ini juga dipengaruhi faktor sulitnya peternak mencari pakan hewan pada musim kemarau ini. Mereka mengeluhkan sulitnya mendapatkan rumput segar juga pakan yang bagus untuk hewan ternaknya," kata Rukidi, pedagang hewan di pasar kambing di Mrican, Semarang.

Harga kambing jantan pekan lalu, masih sekitar Rp 1,3 juta per ekor untuk kambing siap kurban, kini sudah naik menjadi Rp 1,5 juta per ekor. Begitu pula dengan hewan sapi usia dua tahun kini sudah seharga Rp 7,5 juta per ekor dari sebelumnya masih kisaran Rp 6,7 juta sampai Rp 7,2 juta per ekor.

Untuk  sapi jantang jenis unggul, yang memenuhi syarat hewan kurban sudah naik menjadi Rp 10 juta per ekor. Harga ini mengalami kenaikan cukup tinggi dibanding harga sebelumnya hanya Rp 9,7 juta per ekor. Harga itu belum termasuk biaya pengiriman sampai di rumah atau lokasi penyembelihan hewan kurban.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com