Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Kawasan Industri Pulogadung Lakukan "Sweeping"

Kompas.com - 03/10/2012, 10:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mogok nasional yang dilakukan buruh, Rabu (3/10/2012), di kawasan industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, semakin ramai. Para buruh melakukan aksi sweeping untuk mengajak buruh lainnya yang masih berada di pabrik-pabrik kawasan itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, ratusan buruh datang ke pabrik menggunakan kendaraan roda dua. Beberapa perwakilan pun memasuki pabrik dan mengajak para buruh lainnya untuk ikut aksi dengan menggunakan pengeras suara.

"Ayo kawan-kawan, bergabung dengan kami untuk menuntut upah layak dan hapus outsourcing," ujar salah seorang buruh.

Meski tak semua buruh di pabrik-pabrik mengikuti kemauan buruh yang melakukan sweeping, tak ada perlawanan sedikit pun dari para buruh yang berada di pabrik. Beberapa buruh malah akhirnya turut mengikuti aksi dan melakukan konvoi ke pabrik-pabrik selanjutnya. Aksi tersebut dilakukan oleh ribuan buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI).

Ribuan buruh terbagi menjadi lima bagian. Empat kelompok berada di akses masuk kawasan industri, sedangkan sekelompok buruh lagi melakukan sweeping. Para buruh menutup empat akses masuk ke kawasan industri, yaitu dari Jalan Kawasan Industri Pulogadung, Cakung; Jalan Buaran, Pulogadung; Pulogadung Trade Center; dan Jalan Bekasi Raya.

Pengendara kendaraan bermotor yang hendak melintas pun diinstruksikan untuk memutar balik dan mencari jalur alternatif. Perlu diketahui, di dalam kawasan industri Pulogadung tersebut, terdapat 300 pabrik yang memproduksi berbagai kebutuhan, seperti garmen, farmasi, elektronik, dan kertas. Akibat unjuk rasa para buruh, aktivitas di pabrik-pabrik tersebut pun lumpuh.

Mogok nasional yang dilakukan buruh kali ini merupakan puncak konsolidasi para buruh sejak berbulan-bulan lalu. Para buruh menuntut pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, untuk menetapkan upah layak dan menghapuskan sistem kerja outsourcing.

Berita terkait dapat diikuti di topik : Demo Buruh Tolak Outsourcing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com