Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Aksi Buruh di Cikarang

Kompas.com - 03/10/2012, 12:42 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Unjuk rasa ratusan ribu buruh juga terjadi di kawasan industri MM 2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (3/10/2012). Aksi dimulai pukul 08.00 WIB saat ribuan buruh langsung keluar dari pabrik dan mulai berkonvoi menggunakan motor. Buruh yang berkonvoi berhenti di setiap pabrik di kawasan tersebut kemudian meminta buruh yang masih bekerja agar menghentikan aktivitasnya dan keluar dari pabrik.

Meskipun ada buruh yang konvoi berkeliling kawasan pabrik, massa buruh lebih terkonsentrasi di depan pabrik masing-masing, bahkan beberapa memilih pulang. Hingga pukul 11.30 WIB, ribuan buruh masih berada di dalam kawasan industri tersebut.

Untuk menjaga ketertiban aksi, sejumlah petugas berjaga-jaga di depan gerbang Tol Cibitung. Mereka mengerahkan satu mobil Baracuda dan water canon mengingat pada aksi sebelumnya buruh merangsek masuk ke tol dan menutup akses sehingga mengakibatkan kemacetan.

Selain di MM 2100, aksi juga terjadi di kawasan industri Pulo Gadung, Tangerang, Kawasan Berikat Nusantara Cilincing dan depan Kemnakertrans. Aksi para buruh ini dimaksudkan untuk menolak sistem kerja outsourcing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com