Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Buruh Juga Geruduk DPRD DKI

Kompas.com - 03/10/2012, 15:28 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demo buruh yang dilaksanakan serempak di 80 area industri dan DPRD kota setempat juga terjadi di DPRD Propinsi DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ratusan buruh melakukan orasi untuk menghapus sistem outsourcing di perusahaan.

"Kami menolak outsourcing, tertibkan perusahaan penyalur jasa pekerja dan kami menolak upah murah," kata salah satu orator di depan gedung DPRD Propinsi DKI Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Hari ini terdapat 3 juta pendemo yang turun ke jalan di wilayah Jabodetabek. Jika aspirasi tidak di dengarkan, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan menurunkan 10 juta buruh se-Indonesia. Selain itu, para pendemo juga menuntut ketidaklayakan upah pekerja sebesar 1,5 juta rupiah.

Jumlah tersebut dinilai tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup para buruh. Terlebih buruh tidak memiliki jaminan kesehatan.

Dalam tuntutannya ini, para buruh meminta anggota DPRD mendengarkan aspirasi mereka. Mereka juga menuntut agar anggota dewan dapat berpihak kepada buruh, bukan pada pemilik perusahaan.

Dari pantauan Kompas.com, sekitar delapan bus berjejer di depan gedung DPRD. Puluhan petugas kepolisian terlihat sedang berjaga-jaga.

Demo melibatkan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) dan Konfederasi Serikat PekerjaIndonesia (KSPI). Sepanjang jalan Kebon Sirih terlihat macet. Buruh menutup 3/4 jalan di depan gedung DPRD tersebut. Saat ini buruh menuju Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta.

Berita terkait dapat diikuti di topik DEMO BURUH TOLAK OUTSOURCING

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com