Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Deklarasi Sekolah Damai, Foke Dikerubuti Pelajar

Kompas.com - 04/10/2012, 10:22 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha untuk mengantisipasi tawuran yang belakangan marak di Jakarta, terus diupayakan berbagai pihak. Salah satunya dengan deklarasi sekolah damai. Usaha itu dilakukan demi mengajak seluruh unsur di institusi pendidikan untuk menjaga kedamaian. Deklarasi Sekolah Damai tersebut salah satunya diselenggarakan oleh Badan Pengelola Sekolah (BPS) Labschool-Yayasan Pendidikan Universitas Jakarta (YP UNJ) bersama Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Kamis (4/10/2012).

Dalam sambutannya, Fauzi Bowo mengatakan, Bhineka Tunggal Ika jangan hanya menjadi slogan, terutama bagi peserta didik. Untuk itu, pria yang akrab disapa Foke itu berharap, para peserta didik merespon sebuah peristiwa dengan bersandar pada budaya damai.

"Bhineka Tunggal Ika inilah yang perlu kita jaga, tidak hanya slogan dan ucapan, tapi juga tindakan sehari-harinya. Ketenangan kota Jakarta banyak tergantung pada lingkungan yang kecil," ujarnya.

Foke mengataan, kedamaian dalam lingkungan tidak mungkin tercipta jika unsur-unsur di dalamnya tidak turut serta dalam usaha itu. Dia juga mengungkapkan, deklarasi sekolah damai yang dihadirinya kali ini, diharapkan menjadi salah satu bentuk usaha komunitas dalam menjaga kedamaian di lingkungan.

"Saya yakin kedamaian di Jakarta dan pelosok Tanah Air akan tercipta dengan mudah. Tapi kalau komunitas tidak pentingkan suasana damai, maka negara bisa menemui masalah baru, yaitu ancaman kesatuan bangsa," katanya.

Deklarasi sekolah damai tersebut merupakan inisiatif yang dilakukan oleh BPS Labschool-YP UNJ. Acara dilangsungkan di auditorium sekolah, dihadiri sekitar 200 pelajar dari 18 sekolah di Jakarta. Deklarasi tersebut berisi komitmen unsur-unsur di institusi pendidikan untuk menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi toleransi. Turut hadir dalam deklarasi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi, tokoh pendidikan nasional, Arif Rachman, Kepala Sudin Pendidikan Menengah Jakarta Timur, Rita Aryani dan jajarannya.

Usai acara, Foke menghampiri para pelajar yang berbaris di ruangan tersebut untuk berfoto bersama. Acara foto-foto yang dilakukan secara bergantian itu disambut meriah oleh para murid. Tanpa malu-malu, pelajar bersalaman dengan gubernur DKI yang masa jabatannya tinggal beberapa hari tersebut.

Berita terkait dapat diikuti di topik : TAWURAN BERDARAH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com