Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesepeda Akan Rebut Lajur Sepeda

Kompas.com - 04/10/2012, 19:05 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Dalam dua bulan belakangan ini tampak aktivitas menarik di lajur sisi Banjir Kanal Timur (BKT) di Jakarta Timur. Lajur tersebut mulai dihiasi dengan rambu-rambu yang menunjukan jalur tersebut diperuntukkan bagi sepeda.

Tampak lajur tersebut dicat kuning di tengahnya. Bahkan, pihak yang berwenang pun sudah menutup ujung dari lajur tersebut dengan pembatas jalan. Ada juga yang memakai portal rendah agar tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Namun, bagaimana kenyataannya? Ternyata sekarang lajur tersebut setiap hari dipenuhi kendaraan bermotor. Pembatas jalan digulingkan, portal pun diakali dengan melompati sisi jalan yang tinggi. Hak-hak pesepeda pun terpinggirkan. Jalur pesepeda dirampas. Sering mereka yang bersepeda di sana harus mengalah dengan kendaraan bermotor.

Terpicu oleh keadaan tersebut, sebuah komunitas sepeda yang bernama Rombongan Bekasi (Robek), yang juga merupakan bagian dari Bike to Work (B2W) Indonesia, akan mengadakan sebuah aksi damai yang dinamakan "Rebut Lajur Sepeda BKT."  

Menurut Humas B2W Robek, Budi Prayitno, acara ini akan dilaksanakan pada Jumat (5/10/2012) pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul di lajur sepeda Simpang Radin Inten. Di sana para pesepeda akan melakukan kampanye bahwa lajur tersebut bukan untuk kendaraan bermotor.

Ratusan sepeda akan memenuhi jalur tersebut. Ini sebagai bukti bahwa sepedalah yang seharusnya melewati jalur tersebut. Selain itu, pesan kampanye lainnya yang ingin disampaikan ialah salah satu tujuan Bike to Work Indonesia menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif yang ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com