Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Sepeda KBT Mulai Ditutup

Kompas.com - 05/10/2012, 11:23 WIB
Madina Nusrat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalur sepeda Kanal Banjir Timur (KBT) mulai perempatan di depan McDonald's sampai di perempatan Jalan Swadaya, Jakarta Timur, ditutup untuk sepeda motor, Jumat (5/10/2012) ini.

Komunitas pesepeda mulai dapat menggunakan jalur itu dengan leluasa karena tak bersaing dengan kendaraan bermotor. Sejumlah petugas dari dinas perhubungan diterjunkan untuk menutup jalur sepeda ini dari pesepeda motor.

Secara persuasif, petugas mengimbau pengendara sepeda motor untuk tidak masuk ke jalur sepeda. "Silakan pak ke jalan biasa. Ini hanya untuk jalur sepeda," kata salah seorang petugas saat berupaya menghalau pengendara sepeda motor.

Sementara beberapa petugas lainnya menata beton-beton penutup jalur sepeda yang telah dibuka warga kembali ke posisi awal. Penataan beton-beton itu dilaksanakan dengan menggunakan alat berat.

Sejumlah pesepeda mengucapkan terima kasih dengan penutupan jalur sepeda dari kendaraan bermotor. Mereka berharap jalur sepeda itu bisa benar-benar bersih dari kendaraan bermotor.

"Saya senang sekali ada jalur sepeda sebagus ini. Semoga bisa benar-benar bersih dari kendaraan sehingga peseda melalui jalur ini," kata Heru, anggota komunitas pesepeda Bike to Work dari Bekasi.

Menurut Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Mirza Sularso, sosialisasi penutupan jalur sepeda dari kendaraan bermotor ini merupakan bagian dari perkenalan. Untuk selanjutnya, sosialisasi akan diadakan beberapa kali lagi.

"Perkenalan ini untuk membangun kesadaran warga juga bahwa jalur ini khusus sepeda, bukan untuk kendaraan bermotor," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menyebutkan, secara resmi jalur sepeda KBT baru akan diluncurkan pada Desember mendatang. Saat ini persiapannya baru mencapai 80 persen karena masih ada sebagian ruas jalur itu yang belum dilengkapi marka dan rambu lalu lintas.

"Desember nanti, baru kami luncurkan secara resmi. Dilanjutkan sosialisasi secara bertahap hingga jalur ini benar-benar bersih dari kendaraan bermotor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com