Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Basuki Diminta Tak Jadi Kutu Loncat

Kompas.com - 15/10/2012, 10:59 WIB
Ditya Arif Setiabudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan Joko Widodo-Basuki Tjahaja juga di warnai demo mahasiswa. Aliansi Mahasiswa Peduli Jakarta (AMPJ) mengawali kinerja Jokowi-Basuki untuk lima tahun kedepan. Mereka meminta semua janji-janji yang telah disampaikan selama kampanye.

"Sebenarnya kami di sini hadir untuk mengawal pelantikan dan berharap Jokowi komitmen dan tidak menjadi kutu loncat dalam birokrasi," kata orator demo Zulfikar, mahasiswa UNJ, di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10/2012).

Setidaknya ada tiga hal yang dituntut mahasiswa yakni pertama Jokowi-Basuki. Pertama, agar tidak pindah lagi dan komitmen selama lima tahun kedepan, kedua realisasi janji yang sudah disampaikan selama kampanye, dan ketiga jangan ada tunggangan partai politik pendukung Jokowi yang mengintervensi pemerintahan.

Koordinator aksi lainnya, Robby Tri Wahyudi, sebelumnya mengingatkan semua janji yang dikatakan Jokowi-Basuki selama masa kampanye. Setelah resmi dilantik, AMPJ akan menuntut janji tersebut, serta mengawasi kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang baru.

"Kami mencatat dengan baik semua janji yang disampaikan saat kampanye. Banyak sekali janji manis, dan kami akan menuntutnya," kata Robby.

Ia menguraikan, beberapa janji yang dilontarkan Jokowi-Basuki selama kampanye adalah menghapus pungutan terhadap pedagang kaki lima, menyediakan rumah layak bagi masyarakat, tidak menggunakan pengawalan di jalan, rumah susun dengan sewa murah, membangun infrastruktur transportasi publik dan lain sebagainya.

"Kepada seluruh masyarakat DKI, mari bersama mengawal periode kepemimpinan Jokowi-Basuki agar Jakarta menjadi kota metropolitan yang layak dihuni oleh warganya," ajak Robby.

Di luar itu, puluhan mahasiswa ini juga menuntut Jokowi-Basuki berkomitmen menyelesaikan masa kepemimpinannya sampai lima tahun ke depan. Bersikap adil, netral, dan mampu mewujudkan aparatir pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Kami akan mengawasi terus, dan akan kembali turun untuk menilai 100 hari kinerja Jokowi-Basuki," ujarnya.

Berita terkait lain dapat diikuti di Topik: PELANTIKAN JOKOWI-BASUKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com