Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi ke Kampung Kumuh

Kompas.com - 16/10/2012, 12:00 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Rabu (16/10/2012), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi sejumlah permukiman padat di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Di kawasan itu, Jokowi berdialog dengan warga, melihat permukiman mereka, dan saluran air sekitar permukiman.

Ikut dalam kunjungan Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan dan beberapa kepala dinas. Selama kunjungan, Jokowi mengendarai mobil Toyota Innova warna hitam dengan nomor polisi B 1123 RFR. Tidak jelas, milik siapa kendaraan tersebut.

"Saya tidak tahu itu kendaraan siapa. Yang jelas bukan kendaraaan dinas Gubernur DKI," kata staf humas, Aan Nurjanah.

Jokowi mengawali kunjungan dan berangkat dari Balaikota pukul 08.30. Jokowi tiba di Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, pukul 09.15. Di sini Jokowi menyapa warga.

Ketika kunjungan berlangsung, warga antusias menyambutnya. Mereka tidak mengira gubernur baru akan mendatangi lokasi tersebut. Sebagian kegirangan menyambut kedatangannya, sebagian malah menangis haru.

Kedatangan Jokowi ke permukiman padat untuk memenuhi janjinya melakukan pembangunan dari perkampungan warga. Dari Pademangan, Jokowi melanjutkan kunjungan ke Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Kawasan padat ini dikenal sebagai wilayah yang minim sarana permukimannya.

Gubernur menyusuri lorong gang selebar sekitar 2 meter, lalu menuju rumah susun di kelurahan itu. Dari sini, gubernur menuju Kelurahan Bukit Duri di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Kawasan ini dikenal sebagai kawasan rawan banjir. "Setahun sekali di sini banjir," tutur seorang warga di lokasi.

Di tempat ini, Jokowi tiba pukul 11.15. Hingga kini kunjungan masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com