Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bicarakan Penataan Kali

Kompas.com - 16/10/2012, 13:39 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membicarakan penataan Kali Ciliwung bersama warga RT 06/RW 12 Kelurahan Bukit Duri, kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Pembicaraan itu berlangsung di Sanggar Ciliwung dalam suasana cair.

Dalam pertemuan itu, Jokowi lebih banyak mendengarkan persoalan dan keinginan warga. Sesekali dia menimpali dan menawarkan solusi. Warga dan eksekutif yang dipimpin Jokowi sama-sama menghitung pembangunan permukiman layak huni di sekitar Kali Ciliwung.

Jika pembahasan mengenai lokasi, desain, dan nilai bangunan, Jokowi akan kembali ke lokasi itu. "Saya akan kembali lagi ke sini jika semua rencana siap," tutur Jokowi ketika berjumpa warga, Selasa (16/10/2012).

Penataan kawasan Bukit Duri sebelumnya sudah direncanakan Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, dan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Pada saat kampanye, Jokowi menawarkan pembangunan kampung deret.

"Konsep gubernur dapat disinergikan dengan konsep pemerintah pusat," tutur Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tarjuki.

Rencana penataan kali ini disambut positif warga. Menurut Badriyah (52), warga yang pinggir kali menyerahkan penataan itu ke Gubernur. Badriyah yang sudah tinggal lebih dari 30 tahun itu mau ditata asalkan konsepnya bagus. Setiap tahun, rumah ibu enam anak ini selalu kebanjiran ketika air kali meluap.

"Saya sudah capek kebanjiran. Saya ingin jika ada penataan tetap bisa tinggal di sini. Sebab saya kerja di Bukit Duri," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com