Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Temui Dahlan Iskan Bahas Kampung Deret

Kompas.com - 16/10/2012, 15:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berkeliling tiga wilayah perkampungan kumuh di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan bertemu dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Setelah ini mau ke Balai Kota dulu, habis itu baru mau ke Kementerian BUMN," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2012).

Terkait pertemuan dengan Dahlan Iskan di Kementerian BUMN, Jokowi mengatakan akan membahas mengenai lahan PT PJKA untuk dapat dibangun rusun.

"Kalau saya nantinya ya, maunya ngobrolin soal lintasan KAI, kemudian juga masalah perumahan di kanan kiri rel apakah lahannya bisa digarap untuk kampung susun deret," kata Jokowi.

Menurut jadwal, Jokowi akan diterima oleh Dahlan Iskan di Kementerian BUMN pukul 17.00 WIB. Selain itu, saat ditanyakan terkait bagaimana untuk memaksimalkan sumber daya ekonomi yang berlimpah di DKI Jakarta, Jokowi mengatakan mendistribusi aset ekonomi ke masyarakat bawah.

"Jadi, apa tuh ruang-ruang ekonomi untuk yang kecil, artinya distribusi aset ekonomi diarahkan ke masyarakat bawah," kata Jokowi.

Hari ini, Jokowi meninjau tiga wilayah perkampungan di Jakarta. Saat di Pademangan, ia bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ery Basworo dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

Di Pademangan, ia menelusuri gang Telkom, di mana tardapat saluran air Pademangan V. Melihat saluran yang dangkal, dirinya kemudian memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk membicarakan penanganan saluran yang dangkal. Jokowi pun mengajak ketua RW setempat untuk kerja bakti.

Selain itu, saat ia meninjau Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, ia meninjau Rumah Susun Tanah Tinggi (Rustanti). Ia mengatakan perlu banyak hal yang dibenahi di Rustanti itu.

Sementara saat ia meninjau Bukit Duri, Jakarta Selatan. Jokowi berkomunikasi dengan warga setempat. Jokowi memiliki konsep akan membangun sebuah rancangan Kampung Deret Susun.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di Topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com